Aneka Cara Membuat Donat yang Empuk dan Mengembang Camilan donat sesuai disantap kapan saja.

Aneka Cara Membuat Donat yang Empuk dan Mengembang Camilan donat sesuai disantap kapan saja.

Terdapat beragam langkah membuat donat agar empuk dan mengembang. Beragam rasa bisa ditambahkan sesuai selera. Siapa yang tak mengerti donat? Makanan mudah ini banyak dijual di beragam tempat. Tampilannya bulat dengan atau tanpa lubang di tengahnya. Donat merupakan jajanan berbahan basic tepung dengan varian rasa yang beragam. Umumnya, donut jadi manis. Tetapi, kini banyak varian donat gurih yang tak kalah lezat. Makanan ini udah ada sejak lama. Melansir Smithsonian Magazine, pada pertengahan abad ke-19, seorang wanita bernama Elizabeth Gregory menggoreng beberapa adonan untuk dikirim dengan putranya sebagai bekal pelayarannya di laut. Elizabeth menggoreng adonan dengan kacang di tengahnya agar disebut donut. Tetapi, anggota sedang tersebut tidak matang merata.

Oleh dikarenakan itu, putranya yang bernama Hanson Gregory berikan lubang di adonan sebelum digoreng agar matang merata. Kini, kreasi resep donat dalam beragam wujud dan rasa bisa ditemui di banyak tempat. Cara membuat donat memang tidak benar-benar rumit. Agar donut jadi lezat, diperlukan kesabaran dan ketelatenan untuk membuatnya.

Cara Membuat Donat Pakar kuliner Sisca Soewitomo membagikan resep donat dalam bukunya yang berjudul Kue Manis Favorit. Berikut langkah membuat donat yang empuk dan mengembang: Bahan-bahan: 500 gram tepung terigu, ayak. 10 gram ragi instan. 1 sdt baking powder. 80 gram gula pasir. 2 sdm susu bubuk. ½ sdt garam. 1 sdt vanili bubuk. 2 butir telur. 175 ml air. 100 gram margarin. Minyak untuk menggoreng secukupnya. Cokelat leleh dan meises warna-warni untuk hiasan cara membuat donat .

Cara membuat donat: Campur tepung terigu dengan ragi instan, baking powder, gula, garam, susu bubuk, dan vanili lalu aduk rata. Kemudian tambahkan telur dan air. Aduk rata dan uleni. Masukkan margarin dan uleni hingga jadi adonan yang kalis dan elastis. Bulatkan adonan lalu diamkan sepanjang 30 menit agar mengembang dua kali lebih besar. Setelah 30 menit, kempiskan adonan. Potong dan timbang tiap-tiap seberat 30 gram. Bulatkan adonan yang udah dibagi dan dipotong.

Diamkan sepanjang 10 menit. Panaskan minyak dengan api kecil. Tunggu hingga panas lalu jadi membuat lubang pada donat sebelum digoreng. Masukkan donat yang udah dilubangi ke dalam penggorengan. Goreng hingga berwarna kuning kecokelatan dan matang. Balik donat dan biarkan sisi lainnya matang. Angkat dan tiriskan hingga dingin. Untuk menghias, celupkan donat dengan cokelat leleh lalu taburkan meses warna-warni hingga rata. Donat selesai dibikin dan siap disajikan.

Biang: 1 ½ sdt ragi instan. ½ sdt gula pasir. 75 ml air hangat. Bahan-bahan: 150 gram tepung terigu protein tinggi. 100 gram tepung terigu protein sedang. 30 gram gula pasir. 15 gram susu bubuk. 1 kuning telur. 100 ml air es, 50 gram margarin. ½ sdt garam. 150 gram cokelat matang pekat, lelehkan. 75 gram kacang mete, rendam dalam air sepanjang 10 menit. BACA JUGA 4 Tips Membuat Donat yang Mudah dan Lezat Rasanya Cara membuat donat kacang mete:

Tiriskan kacang mete dan belah setiap kacang jadi dua. Goreng hingga kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Buat biang dalam mangkuk dengan mencampur ragi, gula, dan air hangat. Diamkan sepanjang 15 menit. Di mangkuk lain, campur terigu, gula, dan susu lalu aduk rata. Tambahkan biang ke dalam mangkuk lalu uleni merata. Masukkan telur dan air es, uleni hingga lembut. Tambahkan margarin dan garam, uleni hingga lembut. Siapkan loyang tulban kecil lalu usapkan margarin. Ambil adonan, pilin panjang dan masukkan ke dalam loyang. Diamkan adonan sepanjang 45 menit hingga mengembang. Masukkan donat ke dalam oven dengan suhu 180 derajat Celcius hingga matang. Angkat dan keluarkan dari loyang. Biarkan dingin. Celupkan donat ke dalam cokelat pekat. Tambahkan mete goreng diatasnya dan biarkan hingga cokelat mengeras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *