Cara Cepat Mencari Pekerjaan – Enam Langkah Menuju Sukses

Anda dipecat? Mengundurkan diri? Atau baru selesai kuliah? Ada banyak alasan untuk mencari pekerjaan secepat mungkin. Misalnya, tampaknya bagus untuk memiliki resume tanpa celah. Itu sebabnya disarankan untuk mulai memeriksa iklan pekerjaan sesegera mungkin. Pastikan Anda mengadopsi strategi berikut untuk meningkatkan peluang Anda untuk dipekerjakan secara signifikan.

1) Jejaring semua orang yang Anda kenal harus tahu tentang perburuan pekerjaan Anda

Jika Anda melihat bintang jatuh atau meniup lilin ulang tahun Anda, Anda tidak diperbolehkan untuk mengatakan keinginan Anda atau itu tidak akan pernah menjadi kenyataan. Nyatanya, itu bohong!

  • Beri tahu semua orang yang Anda kenal bahwa Anda sedang mencari pekerjaan. Anda tidak pernah tahu siapa yang mungkin mengenal seseorang yang paman temannya sedang mempekerjakan.
  • Jangan terlalu malu untuk bertanya kepada orang-orang apakah perusahaan tempat mereka bekerja sedang membuka lowongan. Cobalah mencari peluang di mana saja.
  • Semakin banyak orang yang Anda beri tahu bahwa Anda sedang mencari pekerjaan, semakin tinggi kemungkinan seseorang dapat membantu Anda.
  • Gunakan jangkauan kenalan Anda dengan meminta mereka menanyakan hubungan mereka untuk Anda. Jangkau mantan kolega, koki, dosen, dll. Dan cari tahu apakah mereka pernah mendengar tentang posisi terbuka.
  • Posting di media sosial bahwa Anda membutuhkan pekerjaan untuk menjangkau kenalan yang tidak sering Anda temui. Bergabunglah dengan grup di mana tawaran pekerjaan dibagikan dan ikuti perusahaan yang Anda minati untuk melihat lowongan mereka terlebih dahulu.

2) Terapkan saja

Dalam iklan pekerjaan, perusahaan menggambarkan kandidat ideal mereka. Sebagian besar waktu mereka harus menerima kompromi seperti orang lain. Sangat jarang Anda menemukan pekerjaan yang sempurna, hal yang sama berlaku untuk perusahaan yang mencari kandidat ideal mereka.

Tetap berani melamar – bahkan jika Anda tidak memenuhi setiap spesifikasi yang mereka cantumkan. Selama Anda memenuhi persyaratan utama, ada kemungkinan besar mereka akan mempekerjakan Anda karena mereka tidak dapat menemukan orang yang lebih baik. Anda mungkin dapat mempelajari keterampilan yang kurang penting selama masa pelatihan atau melakukan kursus sampingan.

3) Manfaatkan iklan baris

  • Beli beberapa surat kabar dan periksa bagian iklan baris mereka. Mereka masih memiliki bagian tentang pasar kerja dengan iklan pekerjaan yang mungkin tidak Anda temukan secara online.
  • Lihat juga situs web iklan baris. Di sana Anda bisa menemukan ribuan pekerjaan yang biasanya dikelompokkan berdasarkan lokasi dan bidang profesional.
  • Opsi ketiga adalah mesin pencari baris, yang mengumpulkan dan mencantumkan iklan pekerjaan dari beberapa halaman. Mereka membantu Anda menghemat waktu dan tenaga karena Anda tidak perlu memeriksa banyak halaman. Namun demikian, Anda harus meneliti apakah Anda dapat menemukan halaman lain yang memiliki lowongan yang tidak tercantum di halaman iklan baris.

Lihat tip berikutnya untuk mempelajari cara menggunakan situs web yang mencantumkan pekerjaan seefisien mungkin.

4) Dapatkan hasil maksimal dari situs web pekerjaan

Sebagian besar agregator menyediakan fitur yang memudahkan pencarian hasil pencarian yang tepat. Gunakan ini dengan menjelajahi opsi pencarian yang disempurnakan: Misalnya mencari berdasarkan kata kunci, lokasi, jabatan, dll. atau coba gabungkan beberapa parameter untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Tidak masalah jika Anda berada di situs pencarian kerja atau situs iklan baris, mereka biasanya menawarkan peringatan email gratis. Di sana Anda dapat mendaftar dengan alamat email Anda, memilih kata kunci yang tepat atau bahkan menyimpan pencarian lanjutan dan mereka akan mengirimi Anda daftar pekerjaan baru melalui email. Dengan begitu Anda tidak perlu memeriksa halaman berulang kali. Alih-alih, Anda mendapatkan posting pekerjaan terbaru secara otomatis ke kotak masuk Anda.

Dengan fungsi ini, Anda dapat memastikan bahwa Anda tidak membuang waktu di halaman agregator pekerjaan yang tidak memiliki pekerjaan yang Anda cari. Namun, Anda masih bisa mendapatkan informasi terbaru jika mereka mendapatkan lowongan yang cocok.

5) Meminta umpan balik

Sulit ketika lamaran pekerjaan Anda ditolak. Lebih sulit lagi ketika Anda berusaha keras untuk lamaran Anda dan benar-benar menginginkan pekerjaan itu. Untuk meningkatkan aplikasi di masa mendatang, Anda tidak boleh meninggalkannya di sini. Atasi harga diri Anda dan tanyakan alasan mengapa mereka menolak Anda. Jawabannya mungkin menyakitkan, tetapi itulah satu-satunya cara untuk belajar dari kesalahan Anda. Mungkin perwakilan SDM dapat memberi Anda nasihat bermanfaat yang membuat Anda mendapatkan pekerjaan berikutnya yang akan Anda lamar.

Terus melamar. Terus saja melamar.

Nasihat ini tidak hanya berkaitan dengan situasi di mana aplikasi Anda ditolak dan Anda harus pindah dan melamar ke perusahaan lain. Tetapi Anda juga harus terus melamar pekerjaan sambil menunggu kabar dari perusahaan. Bahkan jika Anda benar-benar yakin mereka akan mempekerjakan Anda, jangan berhenti melamar sampai Anda menandatangani kontrak, karena kejadian tak terduga selalu bisa terjadi. Hal terburuk yang bisa terjadi adalah Anda ditawari lebih dari satu posisi dan akan berada dalam situasi beruntung untuk memilih.

Jika Anda mencari informasi tentang lowongan kerja, segera kunjungi informasi gaji karyawan yang menyediakan banyak informasi lowongan pekerjaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *