Taman Nasional Chitwan adalah taman utama Nepal yang didirikan pada tahun 1973. Taman tersebut menjadi tujuan populer di negara tersebut sejak saat itu, dan pada tahun 1984, taman tersebut diberikan status Situs Warisan Dunia.

Taman Nasional Chitwan terletak di Perbukitan Churia di bagian selatan-tengah Distrik Chitwan. Memiliki luas 932 kilometer persegi, dengan ketinggian 100 meter.

Taman ini terletak di kawasan ekologis beragam yang merupakan rumah bagi lebih dari 300 spesies terancam punah di Asia, seperti badak bercula satu. Ini juga memiliki banyak koleksi harimau Bengal yang langka dan mempesona. Selain badak bercula satu dan harimau langka, Taman Nasional Chitwan juga memiliki beragam tumbuhan dan satwa liar, untuk informasi-informasi menarik lainnya di Pelangi Indonesia.

Flora dan Fauna Taman Nasional Chitwan

  • Taman Nasional Chitwan menampung total empat jenis rusa yang sudah langka di negara lain di Asia.
  • Anda juga bisa menemukan gaur bertegel putih yang terkenal yang merupakan sapi liar terbesar di dunia.
  • Taman ini memiliki hewan seperti macan tutul, chital tutul, macan dahan, beruang sloth, monyet lutung abu-abu, linsang tutul, monyet rhesus, rubah Bengal, anjing liar, kucing liar, macan tutul, babi hutan, musang palem, dan hewan kecil lainnya.
  • Taman Chitwan menampung buaya rawa.
  • Di sana Anda bisa menjumpai buaya pemakan ikan dan lumba-lumba air tawar yang terancam punah.
  • Taman ini juga merupakan tujuan populer untuk mengamati burung. Ada 543 spesies burung yang tercatat dari Taman Nasional Chitwan pada tahun 2006. Di antara burung langka yang ditemukan di taman tersebut adalah rangkong, Trogon berkepala merah, pintail, unggas air, bebek Brahmana, angsa berkepala telanjang, dan prinia bermahkota abu-abu.
  • Selain spesies burung yang menetap, ada juga 160 spesies lain yang bermigrasi dan tiba di Chitwan selama musim gugur dan musim dingin. Saat mengamati burung selama bulan-bulan musim gugur dan musim dingin, Anda dapat menemukan elang kekaisaran timur, elang bintik besar, bebek, dan elang ikan pallas. Setelah musim dingin dan saat musim semi tiba, burung kukuk India, pitas Bengal, dan burung matahari lainnya tiba di taman.

Pengunjung dapat menginap di pondok Taman Nasional Chitwan yang ditemukan di dalam taman. Mereka menawarkan akomodasi full board, plus wahana gajah dan safari jip. Taman Nasional Chitwan bukan hanya tempat di mana tumbuhan dan hewan liar diterima, tetapi juga para pengunjung dan turis yang datang untuk melihat keajaiban Taman Nasional Chitwan yang terkenal di Nepal ini. Kunjungan di taman ini akan menjadi dana dan pendidikan untuk Anda dan keluarga Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *