Pemerintah Mandat Registrasi Nomor IMEI Semua Ponsel Sebelum Dijual di India Mulai 2023

Setiap ponsel dilengkapi Bagustekno dengan nomor IMEI 15 digit unik yang berfungsi sebagai ID unik perangkat.

Pemerintah telah mewajibkan pendaftaran nomor IMEI semua ponsel sebelum dijual di India pada portal anti-pemalsuan dan pemblokiran handset yang hilang mulai 1 Januari 2023.

Menurut pemberitahuan tertanggal 26 September, semua ponsel , baik buatan lokal maupun impor, perlu didaftarkan dan mendapatkan sertifikat IMEI (Nomor identitas perangkat seluler internasional) dari portal Pembatasan Perangkat Palsu India yang dijalankan oleh Departemen Telekomunikasi .

“Produsen harus mendaftarkan nomor identitas peralatan seluler internasional dari setiap ponsel yang diproduksi di India ke portal Pembatasan Perangkat Palsu India dari pemerintah India di Departemen Telekomunikasi sebelum penjualan pertama ponsel,” kata pemberitahuan itu.

Pemberitahuan tersebut telah dikeluarkan di bawah Aturan Pencegahan Penyalahgunaan Nomor Identifikasi Perangkat Seluler (Amandemen), 2022.

Setiap ponsel dilengkapi dengan nomor IMEI 15 digit unik yang berfungsi sebagai ID unik perangkat.

Ada kekhawatiran atas ketidakmampuan untuk melacak ponsel yang hilang karena adanya perangkat palsu dengan IMEI yang sama di jaringan telekomunikasi.

Pemerintah telah meluncurkan proyek Central Equipment Identity Register (CEIR) untuk memblokir dan melacak ponsel yang hilang atau dicuri dan menambahkan sistem Pembatasan Perangkat Palsu India (ICDR) untuk mengekang proliferasi handset tersebut.

Saat ini hanya fasilitas pemblokiran ponsel yang dicuri atau hilang yang tersedia di portal.

Proyek CEIR bekerja untuk menyelesaikan masalah ponsel yang hilang dengan mengatasi masalah perangkat palsu juga.

Dengan pemberitahuan baru, nomor IMEI bahkan perangkat yang diimpor perlu didaftarkan pada sistem ICDR, dan memperoleh sertifikat IMEI akan menjadi wajib untuk impor perangkat seluler melalui berbagai pelabuhan pabean.

“Nomor identitas peralatan seluler internasional dari ponsel yang diimpor di India untuk penjualan, pengujian, penelitian, atau tujuan lain apa pun harus didaftarkan oleh importir ke portal Pembatasan Perangkat Palsu India dari pemerintah India di Departemen Telekomunikasi sebelum mengimpor ponsel ke negara itu,” kata pemberitahuan itu.

Sistem ICDR telah beroperasi sejak 28 Januari 2020. Dapat diakses melalui portal web untuk pendaftaran dan pembuatan sertifikat IMEI tanpa membayar biaya apa pun.

Sistem baru telah menggantikan sistem pembatasan kloning dan duplikasi IMEI lama, yang dioperasikan dan dikelola oleh Mobile Standard Alliance of India (MSAI) — sebuah badan swasta.

MSAI tidak lagi berwenang untuk pendaftaran, pembuatan atau penerbitan sertifikat IMEI dan pemerintah langsung mengoperasikan sistem tersebut.

Membeli smartphone 5G yang terjangkau hari ini biasanya berarti Anda akan membayar “pajak 5G”. Apa artinya bagi mereka yang ingin mendapatkan akses ke jaringan 5G segera setelah diluncurkan? Cari tahu di episode minggu ini. Orbital tersedia di Spotify , Gaana , JioSaavn , Google Podcasts , Apple Podcasts , Amazon Music , dan di mana pun Anda mendapatkan podcast.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *