Snapdragon 8 Gen 2: Temui chip super AI yang seharusnya memberi daya pada Samsung Galaxy S23

Chipset yang menggerakkan smartphone semakin pintar, dan yang dibuat oleh Qualcomm tidak terkecuali.

Qualcomm memamerkan silikon andalan yang akan memberi daya pada banyak ponsel Android terbaik pada tahun 2023 – kemungkinan besar termasuk Samsung Galaxy S23 – dan mesin AI yang ditingkatkan memimpin parade fitur baru yang datang ke chip Snapdragon terbaru.

Secara khusus, Snapdragon 8 Gen 2 yang diluncurkan di Snapdragon Summit hari ini (15 November) telah “dibuat khusus untuk AI,” menurut Cisco Cheng, direktur senior pemasaran produk di Qualcomm. Itu berarti Qualcomm AI Engine baru yang ditenagai oleh prosesor Hexagon yang ditingkatkan yang mendukung fitur-fitur seperti terjemahan multi-bahasa, kata bangun yang disesuaikan, dan kemampuan kamera yang memanfaatkan kecerdasan buatan.

Tapi itu adalah Snapdragon 8 Gen 2 yang memberi daya pada lebih banyak ponsel Android marquee yang kami harapkan untuk dilihat di tahun mendatang. Dan untuk alasan itu, ada baiknya memperhatikan peningkatan yang dilakukan Qualcomm untuk penerus chipset Snapdragon 8 Gen 1 yang diperkenalkan setahun lalu.

Inilah yang kami ketahui sejauh ini tentang Snapdragon 8 Gen 2 dan apa artinya untuk perangkat Android mendatang.

Ketersediaan Snapdragon 8 Gen 2

Qualcomm mengatakan Snapdragon 8 Gen 2 akan mulai muncul di ponsel sebelum akhir tahun ini. Kami membayangkan bahwa perangkat awal tersebut akan memulai debutnya di China pada awalnya, meskipun Qualcomm sangat berhati-hati dalam menyerahkan pengumuman telepon tertentu kepada mitra pembuat perangkat kerasnya.

Untuk itu, perusahaan berbagi nama beberapa pembuat ponsel yang telah berkomitmen untuk merilis perangkat Snapdragon 8 Gen 2, termasuk Motorola, OnePlus, Oppo, Redi Sony, Xiaomi dan ZTE di antara perusahaan yang handsetnya dijual di AS dan Eropa. Bahwa Qualcomm juga memanggil pembuat ponsel gaming seperti Asus Republic of Gamers, Nubia dan RedMagic menunjukkan bahwa mobile gaming menempati peringkat tinggi di antara rangkaian fitur Snapdragon 8 Gen 2. 

Yang hilang secara mencolok dari daftar pembuat ponsel itu adalah Samsung, meskipun hal itu seharusnya tidak membuat orang bertanya-tanya. Samsung biasanya tidak mengikuti pengumuman Qualcomm semacam itu, meskipun pembuat ponsel terkemuka itu menyertakan silikon Snapdragon di banyak handset-nya, termasuk lini flagship Galaxy S-nya.

Faktanya, versi berikutnya dari ponsel itu – Samsung Galaxy S23 – diperkirakan akan menampilkan Snapdragon 8 Gen 2 di semua model, tidak hanya yang dirilis di AS dan pasar lainnya. (Ponsel Galaxy S di Eropa telah menggunakan chip Exynos milik Samsung sendiri dalam beberapa tahun terakhir.)

Samsung mungkin tidak disebutkan selama peluncuran Snapdragon 8 Gen 2, tetapi kami tidak perlu menunggu lama untuk melihat apakah chipset tersebut masuk ke flagship Samsung berikutnya – rumor menyebutkan bahwa S23 akan muncul paling cepat akhir Januari, untuk informasi teknologi lainnya di Berita teknologi terlengkap.

Snapdragon 8 Gen 2: Mesin AI

Qualcomm AI Engine pada Snapdragon 8 Gen 2 adalah Qualcomm tercepat yang pernah disertakan pada silikonnya. Akselerator tensor mesin dua kali lebih besar dari sebelumnya dan prosesor Hexagon sekarang mendukung inferensi ubin mikro, sebuah prosesor untuk mempercepat pemrosesan jaringan saraf untuk mendukung pengalaman AI yang lebih baik.

Perubahan perangkat keras semacam itu diterjemahkan menjadi peningkatan 4,35x dalam kinerja AI dibandingkan Snapdragon 8 Gen 1, menurut matematika Qualcomm. Dukungan untuk presisi INT4 — pertama kali disertakan pada platform seluler Snapdragon — angka untuk meningkatkan kinerja per watt sebesar 60%.

AI Engine yang lebih cepat dan lebih hemat daya harus mengaktifkan fitur-fitur baru pada ponsel yang ditenagai Snapdragon 8 Gen 2 yang terdengar sangat mirip dengan apa yang dibawa oleh chipset Google Tensor G2 ke meja untuk model Pixel 7 terbaru. Eksekutif Qualcomm berbicara tentang kemampuan seperti kemampuan untuk menerjemahkan beberapa bahasa sekaligus atau mengaburkan latar belakang dalam video — fitur yang akan terdengar sangat familiar bagi pengguna Pixel 7.

Dalam perubahan lain, Qualcomm menambahkan prosesor AI kedua ke Qualcomm Sensing Hub, sebuah fitur yang mengumpulkan dan menganalisis data dari sekitar Anda. Di masa lalu, itu memicu fitur seperti memicu pembatalan bising berbasis AI dalam pengaturan bising atau membuat nada dering Anda lebih keras sehingga Anda dapat mendengarnya di atas kebisingan latar belakang. Tetapi prosesor AI ganda dapat mengaktifkan kata bangun khusus untuk mengontrol aplikasi tertentu, kata Qualcomm.

Snapdragon 8 Gen 2: Peningkatan kinerja

Chipset baru apa pun akan membangkitkan minat pada seberapa baik kinerjanya. Seperti pendahulunya, Snapdragon 8 Gen 2 dibangun dengan proses 4 nanometer, menempatkannya di level yang sama dengan chipset 4nm lainnya, A16 Bionic.

A16 Bionic memberikan kinerja terbaik dari semua chip seluler yang telah kami uji, jadi untuk melawannya, Qualcomm menggunakan CPU Kryo baru yang dibangun di sekitar inti utama, empat inti kinerja, dan tiga inti efisiensi. Itu memindahkan salah satu core efisiensi dari chipset Snapdragon 8 sebelumnya ke ranah core performa.

Qualcomm mengatakan CPU barunya harus 35% lebih cepat daripada Snapdragon 8 Gen 1. Keuntungan seperti itu, katakanlah, hasil Geekbench 5 akan kurang dari apa yang dapat dilakukan iPhone 14 Pro bertenaga A16 pada tolok ukur itu, yang mengukur kinerja keseluruhan . Tapi itu akan sangat mirip dengan hasil yang kami lihat dari iPhone bertenaga A15 Bionic, yang sangat relevan karena Apple masih menggunakan chipset tersebut di iPhone 14 level awal.

Angka yang lebih menarik yang dikutip oleh Qualcomm melibatkan efisiensi daya CPU Kryo Snapdragon 8 Gen 2. Ini seharusnya meningkatkan konsumsi daya sebesar 40%. Keluhan umum saat kami meninjau ponsel bertenaga Snapdragon 8 Gen 1 tahun lalu adalah masa pakai baterai yang tidak mengesankan, terutama saat kami menjalankan pengujian baterai khusus di mana ponsel dibuat untuk menjelajahi web melalui seluler hingga kehabisan daya.

Kami melihat peningkatan pada hasil pengujian baterai dengan chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 yang keluar di akhir tahun. Mudah-mudahan, Snapdragon 8 Gen 2 menghasilkan keuntungan yang lebih besar dalam membantu ponsel bertahan lebih lama dengan pengisian daya.

Snapdragon 8 Gen 2: Snapdragon Elite Gaming

Seperti CPU Kryo, GPU Adreno pada Snapdragon 8 Gen 2 juga mendapatkan peningkatan dari pendahulunya. Qualcomm mengharapkan peningkatan 25% dalam rendering grafis dan peningkatan 45% untuk efisiensi daya, masing-masing jika dibandingkan dengan Snapdragon 8 Gen 1.

Qualcomm juga menambah rangkaian fitur Snapdragon Elite Gaming, inisiatif pembuat chip untuk menghadirkan game berkualitas konsol ke smartphone. Snapdragon 8 Gen 2 akan menjadi chipset Qualcomm pertama yang menawarkan ray tracing yang dipercepat perangkat keras secara real-time. Itu berarti cahaya dan pantulan yang lebih realistis saat Anda memainkan game seluler yang menuntut grafis.

Yang juga baru adalah dukungan Snapdragon untuk kerangka Metahumans Unreal Engine 5 yang telah dioptimalkan untuk seluler. Dukungan tambahan harus memungkinkan game menampilkan karakter manusia yang lebih fotorealistik.

Qualcomm mengatakan Snapdragon 8 Gen 2 adalah platform seluler pertama dengan dukungan Vulkan 1.3, meningkatkan kinerja Vulkan sebesar 30%.

Snapdragon 8 Gen 2: Pemroses sinyal gambar dan kemampuan kamera

Dukungan kamera tetap menjadi bagian penting dari sistem-on-chip Qualcomm, sehingga Snapdragon 8 Gen dilengkapi dengan prosesor sinyal gambar tiga kognitif (ISP) Spectra 18-bit. Untuk pertama kalinya, Spectra ISP ditenagai oleh kecerdasan buatan dengan bantuan AI neural engine.

Mesin saraf AI antara lain dapat mengenali wajah, fitur wajah, rambut, pakaian, dan langit, mengoptimalkan dan menyetel gambar setiap bagian foto. Ini dikenal sebagai segmentasi semantik waktu nyata, memungkinkan ISP untuk mengenali dan mengoptimalkan setiap aspek dalam satu bingkai. Chipset Snapdragon telah mendukung segregasi semantik sejak Snapdragon 865, tetapi sekarang menjadi bagian dari perangkat keras itu sendiri. Itu berarti mesin AI sedang berbicara dengan ISP, memberi tahu apakah setiap piksel membentuk wajah atau langit atau bagian lain dari gambar; ISP kemudian memproses piksel tersebut sesuai dengan itu.

Chipset Snapdragon 8 Gen 1 tahun lalu membuat bokeh kabur di tangan perangkat keras. Fitur tersebut ditingkatkan dengan Snapdragon 8 Gen 2 sehingga ukuran dan bentuk blur dapat berubah dengan cepat.

Snapdragon 8 Gen 2 dapat mendukung pengambilan foto hingga 200MP – kabar baik untuk semua rumor tentang Samsung Galaxy S23 Ultra dengan kamera utama 200MP. Anda juga akan mendapatkan dukungan untuk perekaman video 8K HDR dalam HDR 10-bit.

Snapdragon 8 Gen 2: Konektivitas

Di bagian depan konektivitas, Snapdragon 8 Gen 2 menghadirkan modem Snapdragon x70 yang diumumkan Qualcomm awal tahun ini. Modem itu dilengkapi dengan prosesor AI khusus untuk mengoptimalkan kinerja 5G.

Secara signifikan, Snapdragon 8 Gen 2 akan mendukung 5G+5G/4G Dual-SIM Dual-Active (DSDA), yang memungkinkan penggunaan dua kartu SIM 5G+5G atau 5G+4G sekaligus untuk fleksibilitas yang lebih besar.

Pembuat chip menambahkan dukungan Wi-Fi 7 ke silikon mereka akhir-akhir ini, meskipun perangkat yang mendukung Wi-Fi 7 belum tersedia secara luas. Namun demikian, Snapdragon 8 Gen 2 bergabung dengan Dimensity 9200 MediaTek dalam mendukung standar nirkabel baru.

Menurut Qualcomm, sistem FastConnect 7800 Snapdragon 8 Gen 2 dengan Wi-Fi 7 mengetuk High-Band Simultaneous Multilink untuk menghasilkan throughput yang masif. Kecepatan Wi-fi bisa mencapai hingga 5,6 Gbps, menggandakan kinerja Wi-Fi 6.

Snapdragon 8 Gen 2: Suara dan keamanan

Fitur Snapdragon 8 Gen 2 lainnya termasuk dukungan untuk standar audio Qualcomm Snapdragon Sound. Itu termasuk dukungan untuk audio spasial dengan pelacakan kepala dinamis dan juga dukungan streaming musik lossless 48kHz.

Keamanan hadir melalui Snapdragon Secure, yang menjanjikan dukungan terbaru untuk isolasi, kriptografi, manajemen kunci, dan pengesahan di antara fitur keamanan lainnya. Qualcomm mengatakan chipset barunya juga mendapatkan sistem penguncian wajah yang diperbarui.

Snapdragon 8 Gen 2: Outlook

Karena keunggulan Qualcomm sebagai pembuat chip, tidak diragukan lagi kita akan melihat Snapdragon 8 Gen 2 di beberapa ponsel yang sangat signifikan. Dan dengan jangka waktu rilis yang dijanjikan Qualcomm, perangkat yang ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 2 akan segera tersedia di rak ritel.

Ketika mereka benar-benar tiba, kami akan menantikan untuk melihat bagaimana kinerja dibandingkan dengan Apple A16 Bionic dan A15 Bionic seperti biasa. Dan peningkatan pada mesin Qualcomm AI membuat kami penasaran untuk melihat bagaimana pembuat ponsel memanfaatkannya: akankah perangkat Snapdragon 8 Gen 2 membuat Pixel bertenaga Tensor Google menghasilkan uang ketika datang ke pengalaman berbahan bakar AI?

Kami tidak dapat menjawab pertanyaan ini hingga ponsel Snapdragon 8 Gen 2 tiba. Tapi 2023 sudah menjadi tahun yang sangat menarik di bagian depan smartphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *